Minggu, 27 Juli 2014

PENILAIAN LOMBA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TINGKAT PROPINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013 DI DESA PENDOWO KECAMATAN BODEH

Surel Cetak PDF

Dalam rangka pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat propinsi Jawa Tengah, Kabupaten Pemalang telah ditetapkan masuk nominasi (6 besar) pada lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2013, yang diwakili oleh Desa Pendowo Kecamatan Bodeh. Adapun Nominasi  6 (enam) besar kabupaten lainnya adalah Desa Kradenan (Magelang), Desa Penanggapan (Brebes), Desa Dukuh (Sukoharjo), Desa Soko (Klaten), Desa Nglobo (Blora).

Pelaksanaan Program PHBS di Pemalang sudah ditingkatkan Indikatornya dengan adanya 4 (empat). Sehingga indikator di Kabupaten Pemalang menjadi 20 indikator sedang di Propinsi Jawa Tengah hanya 16 indikator. Inovasi pendataan cukup bervariasi meeliputi dana sehat, wira usaha, sanitasi pengelolaan kelompok pelestari ASI.

Mendukung pelaksanaan PHBS di Desa Pendowo Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi :

  1. Pemberdayaan Masyarakat dalam penggalangan Dana Sehat
  2. Wira usaha sanitasi dalam rangka mendukung STOP BABS
  3. Cuci Tangan Pakai Sabun di Rumah Penduduk
  4. Pengelolaan kelompok pelestari Air Susu Ibu

Penilaian yang dilakukan oleh Tim dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah dilaksanakan pada hari Sabtu 2 Pebruari 2013 dengan ketua Tim Penilai Sri Ratna Astuti, M.Kes dan dihadiri oleh Forum Pimpinan Daerah, Anggota Dewan penyantun Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, Kepala Dinas SKPD di Kabupaten Pemalang, Muspika Kecamatan Bodeh dan Unsur Masyarakat.